Pakde Karwo dan Ketua KAPAL Jatim menanam bibit pohon cemara laut

Surabaya, Seruu.com -  Akhir tahun 2011, Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo meresmikan Bank Benih Mangrove Dan Mangrove Center di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (31/12/2011).

Peresmian ini merujuk pada pengalaman H. Ali Fauzan, tokoh peduli lingkungan Kabupaten Tuban yang prihatin terhadap abrasi air laut yang mengikis daratan. Keprihatinan tersebut membuat . Ali Fauzan melakukan penanaman mangrove dan pohon cemara laut untuk mengantisipasi abrasi laut dan pemanasan global. Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan, tanah pantai Desa Jenu sekarang ini terkena abrasi air laut sekitar 100 meter lebih.

Kalau ini terus dibiarkan dengan suasana iklim yang seperti ini, akan cepat sekali proses abrasinya. Untuk itu, pengalaman dari H. Ali Fauzan dikembangkan oleh Kenduri Agung Peduli Lingkungan (KAPAL) Jatim beserta masyarakat.Ia menjelaskan, Pemerintah ingin membantu untuk menanami pantai Desa Jenu Kab. Tuban dengan mangrove dan cemara laut untuk menahan abrasi dan mengatasi pemanasan global.

Pemprov Jatim memberikan dukungan dan fasilitasi yang proporsional atas setiap upaya warga Jatim dalam melakukan pembenahan Jatim secara ekologis. Kedepannya program ini terus dilakukan hingga Batang Sumenep.  “Ini bagus sekali untuk dilakukan penanaman mangrove dan pohon cemara laut untuk mengatasi abrasi,” ujarnya.  

Menurut Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim, kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang pembelajaran bersama yang memperkuat langkah-langkah pemerintah dalam melestarikan lingkungan yang baik. Karena itu, ia menyatakan bahwa gerakan masyarakat Jatim yang peduli lingkungan dalam wadah KAPAL Jatim ini harus diapresiasi dengan baik.

“KAPAL Jatim menggerakan Jatim menjadi bersih, hijau, dan biru. Ini gerakan masyarakat yang bagus,” katanya.Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kelima KAPAL Jatim di tahun 2011 untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan. Program-program yang telah dilakukan antara lain Desa Mandiri Energi, Bank Sampah, Kembangkan produk tepat guna yang dimanfaatkan untuk kelestarian lingkungan seperti pemanfaatan pupuk organik, Tanam 1 miliar pohon yang rencananya pada tahun 2012 akan menanam 200 juta pohon, serta Bank Benih Mangrove  dan Mangrove Center.

Pada kesempatan yang sama, Pakde Karwo membagikan bantuan berupa 3 buah tenda pendidikan untuk mangrove center, 10 buah jala ikan untuk nelayan Desa Jenu, 1 juta bibit mangrove untuk masyarakat pantai di Jatim, 200 ribu bibit cemara laut, 100 ribu bibit buah untuk sekolah-sekolah di Kecamatan Jenu, 100 ribu tanaman hutan untuk masyakat sekitar Tuban,         2 ton pupuk kandang untuk petani tambak ramah lingkungan se-Bakorwil Bojonegoro, 1.000 botol pupuk cair, 10 ribu bibit ikan untuk petambak Jatim, dan 4.000 bibit kepiting. [yud]

KOMENTAR SERUU