Thamrin Amal Tomagola, Sosiolog UI

Jakarta, Seruu.com - Berbagai bentrokan antara organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi kepemudaan seperti yang terjadi antara FBR dan Pemuda Pancasila dinilai memiliki akar permasalahan pada bidang ekonomi dan pendidikan.

Hal itu dikatakan langsung Sosiolog Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola. "Biasanya karena ada kondisi rebutan kesempatan ekonomi untuk mencari nafkah, misalnya lahan parkir, setoran jasa keamanan, setoran dari tempat hiburan dan lahan nafkah lainnya," kata Thamrin ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (3/1).

Ia jelaskan dalam upaya penanganannya harus fokus juga pada aktor atau kelompok yang mendukung mereka dari balik layar. Ia menerangkan dalam berbagai kejadian yang melibatkan kekerasan, ia melihat ada kecenderungan ormas maupun organisasi kepemudaan menjadi korban dari praktik adu domba.

"Yang harus dilihat itu yang membeking mereka. Rahasia umum mereka kerap dibeking aparat keamanan atau politisi tertentu. Ini praktik dari zaman Orde Baru yang tampaknya masih ada sampai sekarang," papar Thamrin. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU