Seruu.com - Sejumlah ilmuwan dari Jerman dari Israel berhasil membuat terobosan baru yang bisa membuat lelaki mandul bisa menjadi ayah dari anaknya sendiri tanpa harus menggunakan donor sperma.  Ilmuwan-ilmuwan itu mengembangkan teknologi untuk menciptakan sperma di luar tubuh, seperti yang berhasil mereka lakukan dengan tikus di laboratorium.

Para peneliti itu menggunakan "sel bibit" yang diambil dari testis tikus dalam eksperimen itu.

Para ilmuwan yang dipimpin oleh Profesor Stefan Schlatt dari Muenster University, Jerman kini sedang berlomba untuk menerapkan tehnik yang sama pada manusia.

Sel bibit pada testis merupakan sel yang bertanggung jawab pada produksi sperma. Schlatt dan timnya mengambil sel itu dan menanamnya di agar-agar khusus, yang mempunyai lingkungan yang mirip dengan testis.

"Saya percaya sangat mungkin untuk menciptakan sperma dengan mengambil jaringan yang mengandung sel bibit dari testis laki-laki dan menstimulasi produksi sperma di laboratorium," kata Professor Mahmoud Huleihel, yang juga berhasil menggunakan tehnik yang sama di Israel. Temuan itu dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature. [ndis]

KOMENTAR SERUU