Seruu.com - Ribuan ikan mati di sebuah pantai di Norwegia pada malam pergantian tahun. Para peneliti masih menyelidiki penyebab kematian sekitar 20 ton ikan haring tersebut. Penduduk di Kota Kvennes terkejut ketika menemukan sekitar 20 ton ikan haring menyelimuti pantai.

Sebagian pengamat menduga ikan-ikan ini ketakutan karena dikejar ikan predator yang lebih besar. Akibatnya, ikan-ikan haring tersebut kabur ke arah pantai dan mereka tersudut ke pantai oleh gelombang air.

Dugaan lain yang berkembang adalah ikan-ikan tersebut mati karena terdampar akibat badai. Ada pula dugaan ribuan ikan haring itu mati karena penyakit.

Peneliti di Norwegian Institute of Marine Research, Jens Christian Holst mengatakan, “Saya tidak pernah melihat jumlah ikan haring terdampar sebanyak ini.”

Warga bernama Jan-Petter Jorgensen mengambil foto matinya ribuan ikan haring tersebut. Menurut dia, temperatur yang mencapai minus 15 derajat Celsius membuat bau busuk menyeruak.

Ini bukan kasus pertama matinya binatang di awal tahun 2012. Sekitar 100 burung hitam bersayap merah juga mati di Arkansas pada malam pergantian tahun. [ndis]

KOMENTAR SERUU