Seruu.com - Pakar pelestarian alam Rusia menyelidiki kematian macan tutul Amur di wilayah cagar alam Primorye. Jumlah macan di alam liar diperkirakan hanya tinggal 40 ekor. Bangkai macan tutul itu, yang disebut pakar pelestarian jutan sebagai Uzor (Pola), ditemukan di cagar alam Leopardovy, kawasan Primorye bagian selatan.

Besar kemungkinan penyebab kematian itu adalah perburuan meski tengah diselidiki penyebab lain seperti kelaparan atau perkelahian dengan pemangsa lain.

Macan tutul itu dipasangi tanda yang terhubung dengan satelit pencari pada September 2011. Ini adalah bagian dari rancangan proyek Akademi Ilmu Pengetahuan, guna mencari rahasia kenapa hewan ini paling susah dipahami dan terancam punah.

Sejumlah foto Uzor dari kamera tersembunyi memperlihatkan hewan itu sehat dan aktif.

Macan tutul Amur, yang juga dikenal sebagai macan tutul Manchuria atau macan tutul Timur Jauh, merupakan satu jenis kucing besar yang paling langka di dunia.

Persatuan Konservasi Alam Internasional telah memasukkan macan tutul Amur ke dalam daftar hewan yang terancam punah. Saat ini hanya hidup di bagian selatan Rusia Timur Jauh, dan menjadi habitat satu-satunya bagi hewan itu. [ndis]

KOMENTAR SERUU