Bajaj (Ist)

Seruu.com - Setelah berhasil menggelar razia angkot berkaca gelap, surat kelengkapan serta identitas sopir angkot, mulai pekan depan, rencananya Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menggelar razia bajaj.

Ya, rencana tersebut akan dilaksanakan jajaran Sudin Perhubungan Jakarta Timur mulai Senin (16/1/2012) mendatang. Sasarannya, bajaj-bajaj yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan. Sebab, saat ini, ditenggarai banyak beroperasi bajaj yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan alias bodong. Agar pelaksanaan razia berlangsung optimal, razia juga akan dibantu petugas TNI/Polri.

Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Aryadi Soelarso mengatakan, saat ini, jumlah bajaj yang beroperasi di wilayahnya tercatat sebanyak 2.781 unit. Jumlah itu terdiri dari, 2.480 bajaj biasa dan 301 bajaj kancil atau yang berbahan bakar gas.

Saat ini, diungkapkan Mirza, ditenggarai banyak pemilik bajaj yang tidak memiliki surat-surat kendaraan. Untuk mengelabui petugas, pemilik bajaj biasanya hanya menunjukan fotokopi surat-surat kendaraannya.

"Selama surat-surat kendaraannya tidak ada, kami akan tindak tegas. Selama ini mereka hanya membawa fotokopi surat kendaraannya, alasannya surat asli tidak dibawa takut hilang," ujar Mirza, Minggu (8/1/2012).

Nantinya, Bajaj yang terjaring razia akan dikenai sanksi tilang oleh petugas kepolisian. Jika surat-suratnya meragukan atau hanya fotocopy, akan dikandangkan di gudang Cakung selama dua pekan. Sanksi ini untuk memberikan efek jera bagi pemiliknya, agar lebih disiplin dalam berkendara.

Di Jakarta Timur sendiri, ditambahkan Mirza, selama ini bajaj banyak mangkal di kawasan Terminal Rawamangun, Pulogadung, Kampungmelayu dan Kampungrambutan. Selain itu, bajaj-bajaj ini juga dapat dengan mudah ditemui di sekitar Stasiun Jatinegara, Pasar Jatinegara, Mal Arion Rawamangun, kawasan sekitar Bioskop Buaran, Pasar Rawabening depan RS Persahabatan dan lain sebagainya. [beritajakarta]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU