Texas, seruu.com - ANDA mungkin tak pernah mengira seorang kakek mampu berlari maraton. Itulah yang dibuktikan pria berusia 67 tahun asal Dallas, Texas, Amerika Serikat. Selama setahun penuh, kakek bernama R Laurence Macon itu menempuh 113 jalur maraton dan berakhir tepat pada pergantian tahun 2011-2012.

Aksi Macon memang belum diserahkan ke Guinness Book World Records. Tapi, usahanya mendapat banyak perhatian. Bahkan kisahnya dapat menjadi inspirasi bagi atlet muda di nomor lari maraton.

Macon mengaku tak mencari popularitas atas aksinya itu. Ia justru mengatakan memiliki kondisi fisik yang terlalu baik untuk orang seusianya. Terlebih lagi ia merupakan seorang atlet senior di cabang atletik pafa era 1970-an.

Kisah ini kembali mengingatkan warga AS atas kesejahteraan para veteran atlet nasional yang kabarnya tak terlayani dengan baik. Padahal banyak dari mereka yang sudah berjasa dan mengabdikan diri mereka pada dunia olahraga AS lebih dari setengah usia mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur dapat memperlambat degenerasi kepadatan tulang, perkembangan otot dan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua - tiga fungsi fisik yang menurun saat usia senja.

Dan meskipun penuaan pasti memiliki efek negatif pada kinerja olahraga, salah satu penelitian pada 2008 menyatakan pada Olimpiade Senior - usia 50 tahun untuk 85 - dari American Journal of Sport Medicine, menemukan bahwa penurunan besar dalam waktu kinerja tidak terjadi sampai usia diatas 75 tahun. [ndis]

KOMENTAR SERUU