ilustrasi

Jakarta, Seruu.com - Enam trafo di dua gardu induk (GI) jebol. Sebagai wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat gelap. Menurut informasi, 3 trafo di GI Gambir Baru rusak. Saat bersamaan 3 trafo di GI Gedung Pola juga jebol.

Rusaknya keenam trafo kedua gardu tersebut, karena meledaknya current trafo/CT (penghantar arus) jaringan transmisi 150 kV yang terjadi Selasa pagi sekitar pukul 05:23 WIB. Gangguan ini disebut-sebut sempat mengganggu pembangkit listrik Tanjung Priok.

“Listrik padam bukan ada pemeliharaan jaringan pipa gas. Memang ada 5-6 trafo yang rusak,” kata Manajer Distribusi PLN Jakarta dan Tangerang, Paranai Suhasfan, Selasa (10/1).

Kerusakan di sejumlah trafo di kedua gardu ini, terkait dengan gangguan CT 150 kV menyebabkan pasokan berkurang hingga 200 MW.

Akibatnya aliran listrik di sebagian wilayah seperti Plumpang, Sunter dan sekitarnya padam. Demikian pula Pulo Mas dan sekitarnya. Termasuk Cempaka Putih, Cikini, Menteng dan sekitarnya padam.

Pemadaman listrik ini kemungkinan akan berlanjut selama trafo yang rusak tersebut belum diganti.

Agar pemadaman tidak di satu lokasi tidak berlangsung lama hingga di atas empat jam, pihaknya  terpaksa melakukan manuver pasokan ke gardu induk lainnya. “Sehingga pemadaman bergilir terpaksa dilakukan ke tempat lain secara bergantian,” terangnya.

Pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menilai kerusakan  trafo gardu merupakan lagu lama.  ”Petinggi PLN harus bertanggungjawab terhadap kerusakan enam trafo tersebut,” katanya.

Kerusakan trafo seperti ini bisa dihindari, jika dilakukan pengawasan betul-betul.
Petugas lapangan tentu tahu mana trafo yang sudah overload, mana yang belum. “Trafo yang sudah overload seharusnya diganti.”

Ia juga menyesalkan PLN yang tak segera menyebarluaskan gangguan tersebut ke masyarakat. “Jangan diam saja. Buktikan  kalau jadi perusahaan kelas dunia. Harus profesional.” [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU