Jakarta, Seruu.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta mempercepat pelaksanaan perbaikan jalan rusak di ibu kota dengan melakukan betonisasi. Tercatat sebanyak 106 ruas jalan di DKI akan dilakukan betonisasi dan akan selesai diperbaiki pada semester I (Januari-Juni 2012).

"Proses perbaikan menggunakan cara betonisasi bagi ruas jalan rusak berat, layer bila rusak sedang, serta laveling dan patching bagi yang rusak ringan. Kami terus melaksanakan program yang prioritas bagi kepentingan masyarakat. Di semeter kedua ini, perbaikan jalan rusak terus digenjot, meminimalisasi tingkat kecelakaan kendaraan di jalan,” ujar Kepada DPU DKI Jakarta Erry Basworo, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Erry menegaskan seluruh proses tender sudah dilaksanakan pada bulan Desember 2011 dan sekarang dinas sudah melakukan penandatangan kontrak perbaikan jalan tersebut. Khusus terhadap perbaikan jalan rusak dimasukkan dalam program multiyears.

Erry mengungkapkan, perbaikan jalan rusak membutuhkan anggaran sebesar Rp89 miliar. "Kini tengah diupayakan agar kegiatan tersebut bisa terlaksana bulan ini," ujarnya.

"Prosesnya cepat, karena kami memiliki SDM (sumber daya manusia) yang relatif handal dalam menjalankan tugas sesuai dengan bidang masing-masing,” optimis Erry. Karena itu, dirinya meminta masyarakat agar sabar menanti pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan rusak. “Saat ini kondisi jalan provinsi di DKI Jakarta sudah cukup baik, karena kita terus lakukan pemeliharaan jalan. Yang belum diperbaiki akan segera dikebut. Tidak perlu kawatir," tandas Erry.

Kendati demikian, sambung Erry, pada tahun ini ada sedikit perbedaan dengan perbaikan jalan tahun-tahun sebelumnya. Yakni terkait dengan ruas jalan nasional. Bila sebelumnya DKI ikut membantu perbaikan jalan tersebut, tahun ini langsung ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Beberapa ruas jalan nasional yang telah diperbaiki antara lain, Jalan S Parman, Gatot Subroto dan Latumenten. [ndis]

KOMENTAR SERUU