Jakarta, Seruu.com -  Belasan ekor unggas jenis bebek dan ayam yang dipelihara warga di Kalideres, Jakarta Barat, dimusnahkan massal oleh Suku Dinas Peternakkan dan Perikanan Pemerintah Kota Jakarta Barat. Unggas-unggas itu diduga kuat terinfeksi virus flu burung atau H5N1.

Saat petugas Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kota Jakarta Barat datang warga kaget. Mereka menolak pemusnahan unggas-unggas yang dipelihara di sekitar rumah. Menurut warga, unggas mereka sehat dan pemeliharaannya sesuai standar keamanan dan kebersihan hewan.

Alasan warga berbanding terbalik dengan hasil pemeriksaan petugas. Menurut petugas, kondisi kandang kotor, jorok dan tercium bau kotoran hewan. Lantaran didesak warga, rencana pemusnahan massal unggas dibatalkan. Petugas hanya memusnahkan belasan unggas yang secara fisik terlihat terjangkit flu burung.

Petugas kemudian mengambil sampel darah unggas yang sehat dari beberapa kandang milik warga untuk diteliti di laboratorium. Menurut Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kota Jakarta Barat Kusdiana, razia dan pemusnahan hewan unggas untuk mengantisipasi wabah flu burung yang tahun lalu teridentifikasi dua kasus di permukiman warga tersebut. [ndis]

KOMENTAR SERUU