Jakarta, Seruu.com - Modus baru penyelundupan narkoba masuk penjara semakin beragam. Modus terbaru yakni menggunakan lilin yang dilubangi, lalu dimasukkan sabu-sabu. Modus lilin ini dilakukan dua narapidana dengan menggunakan lilin merah, layaknya lilin untuk perayaan tahun baru imlek.

Pengunaan lilin untuk dimasukkan sabu-sabu, dilakukan dua narapidana di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta Timur.

"Itu sabu-sabu dimasukan ke dalam lilin berwarna merah, mana orang curiga, lilin itu kan dikira digunakan tersangka untuk keperluan hari raya Imlek," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Taswem Tareb, Rabu (11/1/2012).

Modus baru peredaran narkoba ini diungkap dalam sidak rutin yang dilakukan oleh pihak Lapas. Para tersangka yakni Xiang An (37) dan Achong (33) keduanya merupakan narapidana. Acong yang berperan menjadi kurir shabu lilin dipenjara akibat mengedarkan 10 butir Inex, dan sedang menjalani masa tahanan 10 tahun penjara, sedangkan Xiang An selaku pengedar ditahan karena membawa 500 biutir Inex dengan masa tahanan 20 tahun.

"Tersangka memanfaatkan momen mendekati hari raya imlek. Ini adalah bukti ketelitian dan keseriusan para petugas kami dalam lapas. Namun apabila dari penyelidikan BNN nanti terbukti ada keterlibatan petugas, akan saya berhentikan," papar Taswem.

Kedepan pihak lapas Narkotika Cipinang akan lebih memperketat pemeriksaan terhadap barang-barang yang masuk ke dalam lapas. "Menurut para tersangka barang narkoba yang dimasukkan dalam benda berupa lilin tersebut belum lama ini masuknya. Mereka mengaku untuk persiapan imlek," tambahnya. [ndis]

KOMENTAR SERUU