Jakarta, Seruu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memindahkan Stadion Lebak Bulus ke daerah Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pemindahan ini dilakukan karena lokasi Stadion Lebak Bulus sekarang akan digunakan Pemprov DKI untuk perluasan pembangunan depo dan stasiun Mass Rapid Transit (MRT).

Alasan Pemprov DKI Jakarta merelokasi Stadion Lebak Bulus ke kawasan Pesanggrahan, karena nantinya di sekitar Pesanggrahan, PT Kereta Api (PT KAI) Indonesia bakal merevitalisasi kereta Serpong-Tanahabang.

Dengan begitu, penggemar sepakbola bisa menuju stadion dengan kereta api , tidak hanya lewat jalan raya. "Kalau mau nonton bola tidak hanya bisa lewat jalan raya, tetapi juga bisa menggunakan kereta. Siapa tahu Real Madrid akan main di situ. Lokasinya juga tidak jauh dari akses tol Bintaro," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Senin (16/1/2012) di Balaikota.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono, menjelaskan lahan pengganti Stadion Lebakbulus yang disiapkan seluas 4,5 hektar. Diperkirakan, pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2013. "Saat ini masih dalam proses pembebasan lahan," kata Ratiyono.

Untuk pembangunan stadion pengganti, disiapkan anggaran tahun berjalan sebesar Rp 580 miliar. Namun, hingga saat ini, proses pembayaran lahan belum seluruhnya selesai. Setelah selesai pembayaran akan dilanjutkan lelang desain stadion pengganti tersebut. [ndis]

KOMENTAR SERUU