Cikarang, Seruu.com - Ribuan buruh masih menutup Tol Cikampek di Km 24. Massa buruh menutup lajur dari arah Jakarta ke Bandung dan sebaliknya. Macet panjang pun tak terhindarkan di jalur tol yang cukup vital tersebut.
Namun di tengah massa, tampak petugas kepolisian melakukan upaya persuasif kepada para buruh untuk membuka blokir. Banyak pengendara yang terjebak lebih dari 1 jam, kendaraan mereka tidak bergerak.

Menurut informasi TMC Polda Metro Jaya saat ini kemacetan sudah mulai diurai . Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta kemacetan sudah sampai Km 46, dialihkan keluar di Karawang Barat, sedang yang arah Jakarta menuju Bandung kemacetan sampai Bekasi Timur.

Sementara di Kantor Apindo dua perwakilan demonstran telah melakukan negosiasi dengan pihak Apindo yang dimediasi oleh Kapolres Kabupaten Bekasi Kombes Pol Wahyu Hadiningrat. Hasilnya, Apindo bersedia mencabut gugatannya terkait UMK Bekasi ke PTUN Bandung. Bahkan, untuk memastikan bahwa gugatan Apindo telah dicabut, Wahyu Hadningrat pun bersedia dijadikan sebagai jaminan.  "Barusan diumumin, massa masih ngumpul, dan mulai akan bergerak dari perempatan AJIP," ujar Andri salah seorang perwakilan buruh yang terlibat dalam pertemuan.

Para pekerja kawasan industri Cikarang mulai menggelar aksi dari pukul 12.00 WIB siang tadi. Mereka kecewa atas sikap Apindo yang ingkar janji, tidak jadi mencabut gugatan pada keputusan Gubernur Jawa Barat terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Di PTUN Bandung, Apindo Bekasi yang menggugat keputusan Gubernur melalui SK NO.561/Kep.1540-Bansos/2011 yang menetapkan UMK Bekasi sebesar Rp 1.491.866,-,Upah kelompok II Rp 1.715.645,- dan Kelompok I Rp 1.849.913. Atas gugatan itu, buruh berencana menggelar aksi pada tanggal 16-19 Januari 2012. Namun rencana tersebut batal karena sudah tercapai kesepakatan antara buruh dan Apindo. Tapi ternyata, hari ini kesepakatan tersebut dilanggar oleh Apindo. Hal ini memicu kemarahan buruh sehingga berdemo hari ini. [ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU