Jakarta, Seruu.Com - Siapa sangka, gerbang pagar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siang ini, Selasa (24/01) menjadi tempat gantungan sekitar 100-an BH dari warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara.

Hal ini dilakukan oleh warga sebagai simbolisasi ketidakberanian Gamawan Fauzi untuk memfasilitasi warga mendapatkan KTP sesuai domisili.

"Ini sebagai bentuk protes warga Tanah Merah karena Gamawan Fauzi tidak becus mengurus bawahannya. Ini kami anggap Gamawan Fauzi sebagai banci, makanya kami berikan BH ini. Kita sudah pernah ke balai kota, wali kota tapi tetap tidak dilayani," ucap Muhammad Nur, Ketua RT 05 Tanah Merah.

Ratusan warga Tanah Merah tersebut merasa kesal karena tidak kunjung difasilitasi pembuatan KTP. Sebelumnya Kementrian Dalam Negeri pernah membuat surat edaran Nomor 471.13/2335/SJ tanggal 22 Juni 2011 yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota di seluruh Indonesia tentang akses mendapat KTP.

Namun, surat edaran tersebut ditolak oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dengan alasan warga menempati lahan milik pihak lain.

"Kami meminta agar Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menemui kami untuk membuatkan kami KTP resmi. Karena ada sekitar 35 ribu jiwa warga Tanah Merah yang tidak memiliki KTP resmi. Aksi simbolis gantung BH ini sebagai bentuk bahwa Mendagri tidak becus mengurus bawahannya, Gubernur Jakarta Fauzi Bowo," jelas orator di atas mobil pick up untuk membawa speaker.

Massa aksi juga sempat mengancam akan menambah masa dan menutup jalan jika Kementrian Dalam Negeri tak kunjung memfasilitasi warga Tanah Merah mendapatkan KTP.

Aksi Massa yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB itu, tidak menyebabkan kemacetan karena arus lalu lintas dari arah Monas menuju Istiqlal tergolong sepi. Biarpun demikian, sekitar 50 Polisi tetap mengamankan jalannya aksi tersebut. [rosy]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (2 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU