Jakarta, Seruu.Com - Tim gabungan dari Dinas Pekerjaan Umum, DLLAJ, PT Astra, Jasa Raharja, Tim Puslabfor Mabes Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, Koorlantas Mabes Polri, Selasa (24/01) Siang, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) "xenia maut" di Jalan Ridwan Rais, Kawasan Tugu Tani, Gambir Jakarta Pusat.

Dari hasil penelusuran tersebut ditemukan ada empat penyebab terjadi kecelakaan maut yang memakan 9 korban jiwa dan 3 luka berat di Tugu Tani, pada Minggu (22/01).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2012).

Penyebab pertama adalah Apriyani Susanti (29) kelelahan akibat bergadang semalaman, sehingga ia mengantuk saat mengemudikan kendaraannya,

Kedua, pengaruh minuman keras dan narkoba. Apriani bersama tiga temannya pada Sabtu malam hingga Minggu pagi mengonsumsi minuman keras dan ekstasi, sehingga saat mengendarai mobil yang disewanya tidak konsentrasi.

Ketiga, salah mengambil keputusan. Apriyani yang panik karena mobilnya oleng, bukan menginjak rem tetapi justru malah menginjak gas yang akhirnya kendaraan melaju lebih dari 90 Km/ Jam.

Keempat, tekanan udara ban depan tidak sama. Normalnya ban depan memiliki tekanan 40 psi. Tetapi saat dikendarai, mobil hitam tersebut ban depan bagian kanan tekanannya normal 40 psi, tetapi ban kiri tekanannya hanya 22 psi. Itulah yang menyebabkan kendaraan oleng ke kiri.

“Kesimpulan hasil olah TKP, tersangka memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dalam kondisi lelah dan di bawah pengaruh narkoba, selain itu, ia pun salah mengambil keputusan bukan menginjak rem tapi menginjak gas, itulah yang menyebabkan mobil tersebut menabrak 12 orang pejalan kaki dan halte,” ungkap Saud.

Olah TKP kecelakaan maut itu berlangsung selam dua jam lebih dari pukul 13.30 WIB. Untuk mengantisipasi kemacetan, arus lalu lintas di Jalan Ridwan Rais, tepatnya di depan gedung Pelayanan Pajak, Jakarta Pusat sempat ditutup. [er]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU