Surabaya, Seruu.com - Demo Buruh di Cikarang, Kabupaten Bekasi hari ini, Jumat (27/1/2012) ternyata membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 'gerah'. Hal tersebut terungkap dari penuturan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Hary Soegiri yang mengabarkan bahwa Presiden mendadak menghubungi Menteri Muhaimin dan memintanya kembali ke Jakarta padahal saat itu Menakertrans baru saja mendarat di Bandara Juanda.

"Pak Menteri dan rombongan sudah tiba di Surabaya. Kemudian langsung transit di ruang VVIP. Namun ketika Bus penjemput rombongan datang, Pak Menteri dapat telepon dari Presiden agar kembali ke Jakarta untuk menyeleseikan persoalan demo di Jawa Barat," kata Hary saat acara Seminar K3 (Keselamatan, Kesehatan Kerja) Kemenakertrans di Shangri-La Hotel, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jumat (27/1/2012).
 
Presiden meminta kepada Muhaimin agar segera kembali ke Jakarta untuk menyeleseikan persoalan tersebut. "Makanya acara pembukaan seminar ini diwakili oleh Dirjen irjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK)," tambahnya.
 
Ia juga meminta maaf kepada semua peserta karena ketidakhadiran Menakertrans dalam acara ini. Menurutnya, kendala memang tidak direncanakan dan datangnya mendadak. Namun demikian, ketikdakhadiran menteri ini tidak mengurangi subtansi dari hasil seminar ini.
 
Hari ini, ribuan buruh sudah memadati ruas-ruas jalan di kawasan industri di Cikarang, Jawa Barat. Ini merupakan puncak kegeraman buruh terkait penetapan uapah minimum di sana. Ada tujuh kawasan industri yang terkena dampak aksi unjuk rasa ini di antaranya Jababeka I, II, Hyundai, Ejip, MM 210, dan Delta Silicon.
 
Aksi unjuk rasa ini digelar sebagai protes atas putusan PTUN Bandung yang memenangkan gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamis kemarin. Apindo menggugat SK Gubernur Jawa Barat Nomor 561 Kep.1540.Bangsos/2011 tentang kenaikan UMK di Kabupaten Bekasi menjadi Rp1,491.866 dari sebelumnya sekira Rp1,2 juta. [yud/ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU