Ilustrasi Abrasi

Sumenep, Seruu.com - Ratusan meter pesisir pantai selatan Desa Banmaleng, Pulau Gili Raje, Kecamatan Pulau Gili Genting, kabupaten Sumenep, Madura, tergerus abrasi laut. Kondisi tersebut terjadi akibat hantaman ombak selama cuaca buruk belakangan terakhir.

“Berdasar pantauan saya pesisir pantai yang terkena abrasi akibat dihantam ombak saat air pasang mencapai 750 meter dengan seluas 2 hingga 3 meter dari bibir pantai,” terang Maulidi Akbar, salah seorang tokoh masyarakat pulau Gili Raje, Sumenep, Minggu (29/1/2012).

Maulidi menjelaskan, akibat abrasi tersebut sebagian kompleks tempat pemakaman umum (TPU) Desa setempat juga tergerus air. Bahkan, beberapa petak lahan pertanian produktif banyak yang rusak dimakan air laut.

“Hingga saat ini, kondisi ini belum mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga perbaikannya dilakukan dengan cara swadaya masyarakat, warga membuat benteng pertahanan dengan memasang bambu-bambu dan batu dipesisir pantai agar tidak tambah parah,” ujarnya.

Maulidi berharap Pemkab Sumenep melalui instansi terkait segera turun tangan menangani kasus abrasi yang terjadi dipulau Gili Raje tersebut. Sebab, jika dibiarkan abrasi tersebut semakin parah dan bisa membahayakan keselamatan warga khususnya di pesisir pantai.

“Saat ini kondisi ombak sangat tinggi sehingga rawan jebol, pemerintah jangan diam saja, kalau abrasi ini tidak segera ditangani maka warga khususnya yang tinggal dipesisir pantai bisa mati,” pungkasnya. [mif]


 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU