Seruu.Com - Mumi Mesir kuno berusia 2.250 tahun diduga mengidap kanker prostat. Carlos Prates, radiolog di Lisbon, mengatakan bahwa temuan ini merupakan kasus kanker prostat tertua yang menimpa kehidupan Mesir kuno.

"Penemuan ini menjelaskan kepada kita bahwa kanker memang ada sejak Mesir kuno," ungkap seorang peneliti di ranah Egyptology, Paula Veiga.

Mumi asal Mesir yang diperkirakan telah berusia 2.250 tahun tersebut kini disimpan sebagai koleksi National Archaeology Museum di Lisabon, Portugal. Berjenis kelamin laki-laki, diperkirakan berusia 51-60 tahun dan dalam kondisi kesakitan saat meninggal dunia.

Hasil pemindaian dengan Multi Detector Computerized Tomography‭ (‬MDCT‭) menunjukkan, di bagian panggul dekat tulang belakang terdapat benjolan kanker yang sudah menyebar atau metastatis. Ada 2 benjolan yang ditemukan, masing-masing berukuran 0,72 cm dan 1,5 cm.

"Lesi atau bercak di tulang sekitarnya memberi bukti kuat adanya kanker prostat stadium akhir atau metastatik," ungkap para peneliti dalam laporannya yang dimuat di International Journal of Paleopathology, seperti dikutip dari Dailymail.

Dari hasil pemindaian, mumi tersebut juga mengalami lumbosacral ostoarthritis atau pengeroposan tulang-tulang di sekitar panggul. Diyakini, kerusakan itu terjadi karena digerogoti oleh kanker yang sudah mulai menyebar dan bisa menyebabkan seseorang mati perlahan karena kesakitan.

Pada umumnya, kanker prostat memang bermula dari benjolan kecil seukuran biji kenari. Setelah mulai mengganas, sel-sel kanker akan menyebar ke area panggul, tulang belakang, lengan atas, tulang-tulang kaki lalu merambat sampai tulang tengkorak.

Jika kesimpulan para ahli ini benar, maka mumi asal Mesir ini menjadi kasus kanker prostat tertua kedua di dunia. Sebelumnya pada tahun 2007, para ilmuwan juga berhasil mengidentifikasi kasus kanker prostat pada mumi dari Siberia yang berusia 2.700 tahun. [rosy]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU