Way Kambas, Seruu.Com - Indonesia dan Australia membangun rumah sakit satwa gajah pertama di dunia. Rumah sakit berlokasi di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Peletakan batu pertama pembangunan RS Gajah dan sarana pendukungnya itu akan dilakukan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Taman Nasional Way Kambas, Selasa besok.

Demikian diungkapkan Direktur Lembaga Konservasi "eks-situ" (di luar habitat) Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat, Tony Sumampau di Way Kambas, Lampung, Senin (30/1) petang.

Pembangunan RS Gajah itu merupakan kerja sama antara TSI, Australia Zoo, dan Kementerian Kehutanan. "Kemenhut menyediakan lahan seluas 100 hektare, sedangkan dana pembangunannya disediakan TSI dan Australia Zoo," katanya.

Untuk kebutuhan RS Gajah itu, dibutuhkan dana sebesar Rp20 miliar. Ditargetkan bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun sejak peletakan batu pertama.

"Untuk tahap awal pembangunannya sudah tersedia Rp10 miliar, dan sisanya akan dialokasikan sambil berjalan prosesnya," kata Tony Sumampau yang juga Koordinator Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) itu.

Koordinator Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) itu mengatakan, menurut data badan konservasi alam dunia IUCN, gajah di Indonesia masuk dalam kategori sangat terancam punah sehingga keberadaan RS Gajah itu menjadi penting. RS Gajah ini juga akan menjadi lembaga penelitian mengenai satwa lain.

"Dalam banyak kasus pada konflik antara manusia dan satwa, termasuk pada lahan perkebunan, terjadi gajah yang luka dan memerlukan perawatan," ujarnya.

Menurut dia, RS Gajah itu ke depannya juga akan menjadi lembaga penelitian mengenai satwa lain.

Sementara itu, menjelang peletakan batu pertama pembangunan RS Gajah itu, Manajer Australia Zoo Laurie Pond bersama jurnalis anggota Foksi ikut melihat pusat pelatihan gajah di Taman Nasional Way Kambas. [ant/rosy]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU