Jakarta, Seruu.Com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tengah membangun kolam tempat penampungan lumpur di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pembangunan kolam penampungan lumpur seluas 120 hektar itu sudah dibangun sejak tahun 2010 lalu dan ditargetkan rampung pada Oktober 2012.

"Pembangunan kolam penampung lumpur seluas 120 hektare dibangun sejak 2010 ditargetkan rampung pada akhir Oktober 2012," kata Gubernur DKI Fauzi Bowo di Balai Kota DKI, Senin (30/1).

Dikatakan Fauzi, pembuatan kolam penampungan lumpur ini telah dilakukan dengan melibatkan para ahli reklamasi dan lingkungan. Selain itu, keberadaan kolam ini sudah mengantongi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

Kepala Pelaksana Central Project Implementation Unit dari Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU), Bambang Sigit mengatakan, hingga saat ini, pembangunan kolam pembuangan lumpur berbentuk tanggul ini sudah hampir rampung. Tanggul sebelah selatan dan barat sudah selesai dikerjakan. Kini, tinggal menyelesaikan pembangunan tanggul di sebelah utara.

"Tempat sedimen lumpur hasil pengerukan 11 sungai dan empat waduk harus ditempatkan di lokasi pembuangan yang aman dan tidak mencemari lingkungan," ujar Foke.

Namun, jika dalam sedimen tersebut didapati lumpur yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3), maka lumpur itu tidak akan dibuang ke kolam pembuangan lumpur di Ancol, melainkan akan dibuang di tempat pembuangan B3 yang telah disetujui Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI, yaitu di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU