Jakarta, Seruu.com - Mobil Xenia yang dikemudikan Afriyani Susanti dipastikan melaju kencang sebelum menabrak sejumlah korban di Tugu Tani, Jakarta, 22 Januari lalu. Hal itu dikatakan saksi ahli kecelakaan Xenia maut, Roy Suryo, di Yogyakarta, Selasa (31/1). Ia juga memperkirakan bahwa kondisi korban sadar saat itu.

Analisa anggota Komisi I DPR itu dilakukan dengan menghitung kecepatan kendaraan melalui CCTV yang merekam laju kendaraan sebelum kejadian. Rekaman CCTV yang dipakai ada di depan gedung Wisma Alia, sekitar enam meter dari lokasi kecelakaan.

Dari rekaman CCTV tersebut, kata ahli telematika itu, terlihat mobil Xenia yang dikendari Afriyani melaju kencang sebelum kecelakaan maut di Jalan Ridwan Rais, di depan Tugu Tani, Jakarta.

Roy menjelaskan, dari rekaman CCTV durasi laju Xenia hanya terlihat setengah detik. Luasan tampilan video memiliki lebar 12,4 meter atau kecepatan dalam satu detik mencapai 24,8 meter. Menurut Roy Suryo, jika dikonversikan kecepatan Xenia sebelum kecelakaan terjadi mencapai 89,28 kilometer per jam.

Dalam analisis jarak ke tempat kejadian tabrakan pertama yang hanya sekitar enam meter dapat dipastikan laju kendaraan saat menabrak tak berbeda jauh dengan analisa kecepatan di depan Wisma Alia tersebut.

"Diperkirakan Afriani juga dalam keadaan sadar sesadar-sadarnya karena dia terlihat tenang saat diminta keluar dalam video lainnya yang beredar dan sempat menggunakan gadgetnya sambil menjawab pertanyaan polisi sesaat setelah kejadian," tegas Roy, Selasa (31/1/2012).

Dalam kecelakaan itu sembilan orang tewas termasuk seorang balita dan ibu hamil sementara empat orang lainnya terluka. Afriyani dan ketiga kawannya saat ini ditahananan Polisi. [gendis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU