Demo Buruh Bekasi

Tangerang, Seruu.com - Ketua Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten/Kota Tangerang, Riden Hatam Aziz dalam siaran pernya hari ini, Selasa (31/1/2012) menegaskan bahwa organisasinya dan Sekitar 500 ribu buruh yang ada di Tangerang, Banten, mengancam akan melakukan aksi mogok massal jika dalam pertemuan antara buruh Tangerang dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang difasilitasi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Rabu (1/2/2012) besok, tidak menemui kata sepakat.

Dia menegaskan buruh Tangerang tidak akan melakukan aksi menduduki fasilitas umum seperti jalan tol dan bandara udara Soekarno-Hatta. "Karena persoalannya dengan Apindo, maka ya dengan Apindo. Kami, para buruh di Tangerang Raya tidak akan melakukan aksi ke fasilitas umum," tulisnya.

"Saya dan anggota tidak bisa bendung lagi. Aksi, yang jelas, akan mendatangi PTUN Banten. Kedua, Apindo Pusat yang akan kita sasar," imbuh Riden.

Riden mengatakan buruh di Tangerang kecewa dengan Apindo. Pasalnya, surat keputusan gubernur soal upah minimum di Tangerang yang sudah diedarkan ke perusahaan digugat oleh Apindo ke PTUN.

Dia menjelaskan, SK ditandatangani Gubernur tanggal 4 Januari. Lalu, pada tanggal 7 Januari surat sudah diedarkan ke seluruh perusahaan yang ada di Tangerang.  "Nah, tanggal 10 Januari, kami sudah melakukan negosiasi dengan pihak manajemen. Dan tanggal 15 Januari sudah banyak perusahaan yang menjalankan SK gubernur tersebut," jelasnya.

Lalu, ketika perusahaan banyak yang mulai menggaji buruhnya dengan upah sesuai SK Gubernur, menurut Riden, Apindo Tangerang mengeluarkan surat edaran ke seluruh perusahaan di Tangerang agar tidak menjalankan SK tersebut.

Riden menjelaskan isi surat Apindo yang diedarkan ke seluruh perusahaan di Tangerang memberitahukan bahwa SK Gubernur soal upah buruh sedang digugat sehingga pelaksanaannya ditunda hingga menunggu keputusan PTUN. Kedua, agar perusahaan tetap memberlakukan upah lama.

"Apindo juga mengedarkan surat kepada perusahaan yang bukan anggotanya," ujarnya. "Padahal, sikap manajemen perusahaan di Tangerang sebagian besar sudah sepakat. Besok, rapat dengan Menteri dan Apindo akan kami tunjukkan data kesepakatan dengan perusahaan," katanya, lagi. [ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU