Solo, Seruu.Com - Seekor singa koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta lepas dari kandangnya, Selasa (31/1). Sebelum ditembak bius, singa bernama Oni itu menerkam Thomas, unta yang baru berusia 2 tahun, hingga mati.

Saat keluar dari kandang, singa jantan yang masuk spesies Panthero Leo itu sempat membuat puluhan pengunjung TSTJ berhamburan menyelamatkan diri. Untungnya singa seberat 90 kg itu, tidak menerkam pengunjung yang saat kebetulan memadati kawasan kandang binatang buas tersebut. Bahkan, sejumlah anak Taman Kanan-Kanak (TK) yang baru masuk langsung dieskekusi.

"Saat itu saya mendengar dari petugas TSTJ, langsung membantu mengevakuasi. Tidak hanya pengunjung, Pedagang Kaki Lima (PKL) saya minta keluar. Bersamaan, banyak anak TK yang baru masuk," terang Humas PKL TSTJ, Sudarno.

Dari pengamatan di lapangan, singa baru bisa dilumpuhkan dan berhasil dibawa ke kandang kembali sekitar pukul 15.30. Pelumpuhan singa berumur 15 tahun itu, dilakukan di kandang Unta Punuk Satu (Camelus Dromedarius) yang baru berumur dua tahun.

Pelumpuhan dilakukan oleh beberapa petugas dari TSTJ dengan cara manual, yakni ditulup berkali-kali dengan obat pembius. Namun saat singa tersebut berhasil dilumpuhkan, dua unta yang diserang berkali-kali, satu diantaranya tewas.

"Akhirnya unta yang bernama Mas Totok atau Thomas tewas. Perut dan kepala dirobek sama taring dan cakaran singa. Thomas tidak bisa diselamatkan, karena terus mengucurkan darah. Sementara unta satunya hanya terkena cakaran dipinggang," terang Dokter Hewan TSTJ, Nuraini saat di lokasi.

Polisi bersama pengelola TSTJ, petugas dinas pertanian, dinas kehutanan, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kemudian melakukan upaya penjinakan. Setelah lebih kurang 2,5 jam, Oni akhirnya ditaklukkan dengan tembakan bius.

"Singa itu sekarang sudah dikembalikan ke kandangnya, dan unta yang luka sudah dirawat," jelas Direktur Utama TSTJ Lilik Kristianto. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU