Sofyan Wanandi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)

Jakarta, Seruu.Com - Dalam acara Peringatan 60 Tahun Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), di Jakarta, Selasa (31/1) malam. Para pengusaha Indonesia meyakini bahwa perekonomian Indonesia cukup stabil dan mampu menghadapi tantangan seperti krisis eropa.

Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa pejaba seperti Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menakertrans Muhaimim Iskandar, Ketua PMI Jusuf Kalla dan sekitar 300 orang pengusaha nasional itu berlangsung meriah.

Pada kesempatan itu Sofyan Wanandi selaku Ketua Apindo dalam pidatonya menyampaikan unek-unek terkait dengan aksi demo buruh yang berlangsung pada Jumat (27/1) di Bekasi.

"Pengusaha terus terang agak khawatir melihat pelaksanaan hukum di Indonesia. Kepentingan politik bisa jalan tapi jangan mengorbankan hukum," katanya.

Ia menambahkan, saat ini semua orang berbicara politik meskipun Pemilu baru akan dilaksanakan dua tahun mendatang atau 2014.

Sofyan menengarai aksi buruh yang terjadi di Bekasi, merupakan agenda politik kelompok tertentu terutama menghadapi Pilkada Jawa Barat pada 2013.

"Kalau hanya kepentingan politik dunia usaha dikorbankan...ini tidak benar," tegasnya.

Mantan aktivis tahun 1966 ini juga menengarai bahwa ada pengusaha yang mencoba untuk memperkeruh suasana dengan memberikan daftar perusahaan yang akan "sweeping" oleh buruh.

"Sedih cara-cara ada pengsuaha yang seperti itu. Saya tahu pengusaha itu tidak semuanya buruk, tapi banyak juga yang jelek," tegasnya.

Untuk itu ia menuturkan, yang penting saat ini dan ke depan adalah kesepakatan tripartit yaitu adanya kemitraan yang terus dijaga antara pemerintah, pengusaha dan buruh.

"Kami menganggap buruh adalah mitra kerja, yang kenaikan upahnya harus diperjuangkan," katanya.

Pada kesempatan itu Sofyan juga menekankan arti pentingnya kerja sama swasta dan BUMN untuk mendorong perekonomian nasional. [ant]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU