Jakarta, Seruu.Com - Ketegangan terjadi saat pertemuan antara buruh Tangerang, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Pemprov Banten di gedung Kemenakertrans, Rabu (1/2).

Kericuhan ini bermula lantaran beredarnya kabar ada pertemuan serikat buruh dengan Muhaimin dan pengusaha di ruang lain. Mendengar hal ini, ratusan buruh yang ada di dalam ruangan auditorium Gedung A Kemenakertrans marah dan mengamuk.

"Kalau hanya perwakilan mending undangannya untuk perwakilan. Nggak perlu harus ngomong di sana, ketok palunya di sini. Yang kami inginkan tetap cabut gugatan Apindo dan jalankan SK gubernur," teriak salah seorang buruh.

Mereka mempertanyakan penunjukan 19 wakil serikat pekerja yang diundang rapat tripartit untuk membahas upah minimum Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. Padahal, mereka menginginkan agar ada pembicaraan langsung antara pihak-pihak terkait untuk mencari titik temu dalam penetapan upah minimum di Tangerang.

"Kita tidak ada perwakilan. Di sini kita sama. Mereka sedang lobi di sana," teriak seorang buruh. Suasana pun langsung ricuh.

Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Nining Elitos menegaskan, pihaknya merasa dilecehkan pemerintah, khususnya Menakertrans. Menurutnya, mereka diundang pukul 15:00 wib, tapi Menakertrans tidak kunjung keluar untuk menemui para buruh.

"Ini mencurigakan. Kenapa mereka membuat pembicaraan setengah kamar. Kami ingin kita bicara sama-sama," katanya.

Niningpun mengancam, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, pihaknya akan menjalankan rencana aksi blokade jalan tol Jakarta-Tangerang seperti apa yang dilakukan oleh para Buruh Bekasi beberapa waktu lalu. "Jangan salahkan kami. Ini karena pemerintah tidak peduli." Tegasnya dengan nada tinggi.

Sedikitnya 50 polisi mengawal ketat pertemuan ini. Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Iman Sugianto memimpin langsung pengamanan pertemuan tersebut. [rosy]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU