Jakarta, Seruu.Com - Maraknya pohon tumbang di kawasan DKI Jakarta dalam 4 bulan terakhir, cukup meresahkan masyarakat. Karena itu Dinas Pertamanan dan Pemakaman (DPP) DKI Jakarta melakukan pengecekan terhadap pohon besar di pinggir jalan ibu kota, Kamis (2/2).

Tes ini dilakukan melalui kecepatan rambat gelombang suara ultrasonik di tiga lokasi, di antaranya di depan gedung Balaikota DKI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Teuku Umar dan Jalan Pattimura.

Dalam tes tersebut, pada masing-masing lokasi diambil dua pohon yang dinilai sudah keropos untuk dites kondisinya. Hasil tes di Jalan Medan Merdeka Selatan, dari dua pohon yang diuji, satu di antaranya akan ditebang karena kondisi keroposnya sudah mencapai 70 persen.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Catharina Suryowati mengatakan, pihaknya rutin melakukan tes kekeroposan terhadap pohon-pohon rawan tumbang di ibu kota dengan melibatkan tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Saat ini kami melanjutkan tes kondisi kekeroposan batang pohon terhadap pohon yang dicurigai berbahaya, tes kali ini dilakukan di lokasi strategis seperti di jalan-jalan protokol seperti saat ini," ujar Catharina, Jumat (3/2).

Rencananya, penebangan pohon asem tersebut akan dilakukan pada Sabtu (4/2). Penebangan pohon dilakukan di luar hari kerja, untuk menghindari kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi. Sehingga penebangan tidak akan mengganggu lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU