Mamuju, Seruu.Com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, mendapatkan bantuan anggaran untuk pembangunan "rumah ikan" dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) senilai Rp400 juta.

Kepala Seksi Produksi Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulbar, Hayat Manggazali, di Mamuju, Minggu, mengatakan, tahun 2012 KKP mengalokasikan anggaran dari APBN untuk membangun rumah ikan di perairan Sulbar.

Menurut dia, rumah ikan yang akan dibangun di bawah perairan Sulbar tersebut, sementara ini sedang didesain bentuknya apakah akan dibangun menggunakan beton atau membuat terumbu karang buatan.

"Yang jelas rumah ikan itu akan dibuatkan pelampung yang bahannya terdiri dari ban mobil bekas dan tali agar pelampung itu tidak bergeser, pelampung itu gunanya sebagai tanda agar setiap kapal yang berlayar tidak melintasi jalur yang di bawahnya dibangun rumah ikan," ucapnya.

Ia mengatakan, rumah ikan tersebut akan ditempatkan pada permukaan laut yang landai dan tidak berlumpur yang bisa menjadi tempat ikan berkumpul di kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut.

Menurut dia, rumah ikan tersebut berfungsi tempat berkumpul ikan untuk menjaga habitat ikan agar tetap terjaga dan lestari, serta mememudahkan nelayan menangkap ikan.

"Dengan rumah ikan itu akan membuat ikan mudah berkembang biak dan habitatnya terus terjaga sehingga ikan dapat terus dihasilkan dengan mudah nelayan untuk menambah pendapatannya," katanya.

Ia berharap rumah ikan tersebut tidak diganggu dan dirusak warga, khususnya nelayan yang seringkali menangkap ikan dengan menggunakan bom di perairan Sulbar. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU