Labuan, Seruu.Com - Populasi badak jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) di kawasan hutan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, sepanjang 2011 mendapatkan dua keturunan baru.

"Populasi badak jawa terus berkembang biak karena pada 2010 juga bertambah keturunannya tiga ekor dan itu tidak terlepas dari pengawasan yang terus dilakukan," kata Hendra Purnama, petugas Evaluasi dan Data di Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (6/2).

Ia mengatakan, populasi satwa langka di dunia itu berdasarkan hasil video jebakan yang dipasang di sejumlah titik di kawasan Semanjung Ujung Kulon tahun 2011 tercatat 35 ekor.

Dari 35 ekor itu, kata dia, dua di antaranya telah memiliki keturunan anak yang diperkirakan usianya lima sampai sembilan bulan.

Kedua anak badak yang dipastikan berjenis betina berdasarkan hasil rekaman kamera video yang dipasang di Blok Cikeusik. Mereka anak badak jawa biasa dalam pangkuan induknya selama usia empat sampai lima tahun.

"Saya yakin badak itu bertambah regenerasi hasil jebakan video dan mereka hidup di habitatnya relatif aman," ujarnya. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU