Jakarta, Seruu.Com - Spesies badak paling kecil tubuhnya di dunia, badak jawa (Rhinoceros sondaicus), sudah sangat kritis keberadaannya. Dia semakin langka dan bisa punah jika tidak dilindungi secara khusus dari banyak hal pengancam --terutama perburuan liar.

Petugas Konservasi Jenis organisasi Wildlife Conservation Society (WCS), Wulan Pusparini, di Jakarta, Selasa (7/2), mengatakan, pengamanan untuk perlindungan badak dari perburuan harus ditingkatkan sehingga kelestariannya bisa terus dijaga.

"Upaya itu yang saat ini sangat penting dilakukan," katanya. Dia mengatakan, saat ini yang paling mengancam keberlangsungan hidup hewan dilindungi itu adalah perburuan dan badak Asia sangat dicari oleh para pemburu cula badak.

"Sangat disayangkan populasi badak begitu terancam. Kita tahu badak jawa di Vietnam sudah punah, begitu juga di Afrika yang terus diburu dan sekarang badak di Indonesia juga terancam punah karena populasinya terus menurun," katanya.

Badak jawa diketahui pernah memiliki wilayah penyebaran cukup luas, dari Pulau Jawa, sebagian Pulau Sumatera, semenanjung Malaka, hingga VietNam, Kamboja, dan sedikit Thailand. Kini cuma di wilayah sempit di Taman Nasional Ujung Kulon saja.

Selain karena perburuan, badak juga sulit dikembangbiakkan dan faktor demografi sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup hewan tersebut. Habitat mereka yang terus berkurang akibat perambahan dan kegiatan manusia lainnya mengancam populasi badak.

Populasi badak yang masih tersisa saat ini yaitu badak jawa alias badak bercula satu kecil (Rhinoceros sondaicus) di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, dan badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) di Taman Nasional Bukit Barisan dan Taman Nasional Way Kambas, Sumatera.

Diperkirakan jumlah badak di seluruh dunia saat ini hanya tersisa 200 saja. Jika tidak dijaga kelestariannya maka beberapa tahun ke depan dikhawatirkan akan punah.

Sebelumnya berdasarkan survei, World Wide Foundation (WWF), badak jawa di Vietnam telah punah. Punahnya hewan ;pangka tersebut akibat perburuan yang dilakukan demi cula mereka.

"Kita khawatir badak di Sumatera dan Banten juga akan punah, apalagi estimasi kami badak sumatera kurang dari 60," tambahnya.

Upaya penangkaran badak yang rencananya dilakukan pemerintah di Gunung Honje di wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, menurut Wulan juga sangat diperlukan namun sebelum upaya tersebut terlaksana, hendaknya pengamanan dari perburuan ditingkatkan. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU