Jakarta, Seruu.Com - Ribuan buruh di Jakarta mengancam menggelar unjuk rasa besar-besaran, sebagai buntut kekecewaan mereka, akibat kenaikan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) DKI Jakarta 2012 yang tak kunjung ditetapkan. Forum Buruh DKI Jakarta mendesak Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, untuk segera menetapkan UMSP DKI 2012 paling lambat pada 13 Februari mendatang.

“Mengapa Gubernur  belum mensahkan UMSP? Padahal, sudah  Februari. Sedangkan, berdasarkan aturan hukum, UMSP sudah harus ditetapkan pada Januari 2012,” kata Juru Bicara Forum Buruh DKI Jakarta, Muhammad Rusdi, di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (9/2).

Selain itu para buruh juga menuntut  UMSP DKI 2012 dengan nominal yang lebih tinggi dari daerah penyangga seperti Kota dan Kabupaten Bekasi, dan Tangerang. Alasannya posisi DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan barometer bagi daerah lain.

Mereka juga mendesak untuk memasukkan sektor retail dalam UMSP DKI 2012, seperti yang sudah disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan DKI pada 25 Januari lalu. Selain itu, juga memasukkan delapan perusahaan sektor logam--yang sempat tertunda--dalam UMSP 2012.

“Kami juga kecewa kepada Dewan Pengupahan DKI yang menganulir masuknya sektor retail ke dalam UMSP 2012. Padahal sektor ini sudah dijanjikan masuk sejak tahun 2010,” ujarnya.

Jika pada 13 Februari 2012, besaran kenaikan UMSP DKI 2012 belum disahkan, Rusdi menyatakan Forum Buruh DKI Jakarta akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di depan Balaikota DKI selama dua hari, pada 13 hingga 14 Februari 2012. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU