ilustrasi demo Buruh saat Mayday

Jakarta, Seruu.com - Forum buruh DKI Jakarta mengancam mengerahkan 10 ribu buruh untuk berdemonstasi di Balaikota Jakarta, Selasa (14/2) pekan depan. Aksi itu dilakukan sebagai tuntutan ditetapkannnya Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) Jakarta 2012.

"Buruh juga akan menginap di Balaikota Jakarta sampai UMSP itu ditetapkan. Besaran UMSP itu harus sesuai dengan tuntutan sebelumnya yakni naik antara 5-30 persen dari UMP yang telah disetujui Rp 1.529.150," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Muhammad Rusdi di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Menurut Rusdi, masih ada waktu dua hari lagi atau paling lambat Senin (13/2) bagi Pemprov DKI Jakarta untuk memenuhi tuntutan buruh.
 
Penetapan UMSP itu berada pada 11 bidang usaha. Upah sektoral itu seperti, sektor bangunan dan pekerjaan umum, sektor kimia, energi dan pertambangan, sektor logam, elektronik dan mesin serta sektor otomotif.
 
Selain itu, sektor asuransi dan perbankan, sektor makanan dan minuman, sektor farmasi dan kesehatan dan sektor tektil, sandang dan kulit. Juga sektor parwisata dan telekomunikasi diajukan kenaikan hingga 22 persen.
 
Dikatakan Rusdi, pihaknya juga akan membawa tambahan buruh dari kawasan Bekasi dan Tangerang untuk melakukan demonstrasi di Jakarta. Sebab, UMSP Jakarta sangat mempengaruhi besaran upah di kawasan penyangga itu.
 
"Kami berharap Pemprov DKI segera menetapkan besaran kenaikan UMSP itu. Ini demi kebaikan bersama baik pemerintah, pengusaha dan buruh,"katanya.
 
Rusdi memaparkan sektor otomotif naik 16 persen dari UMP DKI 2012, sektor logam, elektronik dan mesin naik 13 persen, tekstil, sandang dan kulit naik 7 persen. Sedangkan perbankan dan asuransi naik 30 persen, telekomunikasi naik 30 persen, retail naik 5 persen dan lima sektor lainnya naik antara 5-10 persen.
 
Di temui terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Deded Sukandar, mengatakan, rekomendasi kenaikan UMSP DKI 2012 telah diserahkan ke tim verbal Gubernur DKI Jakarta pada 30 Januari 2012. Selanjutnya penandatanganan surat keputusan diserahkan ke gubernur Fauzi. [ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU