Medan, Seruu.Com - Kantor Wilayah Kementrian Agama Kota Medan, Sumatera Utara berencana untuk mewajibkan pasangan yang akan menikah untuk menanam dua pohon.

Nantinya, setiap pasangan yang mendaftarkan pernikahan ke Kantor Urusan Agama KUA, akan mendapat dua buah bibit pohon, yang bisa ditanam di rumah mereka.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Medan, Iwan Zulhami mengatakan pemberian bibit pohon kepada pasangan yang akan menikah ini bertujuan agar masyarakat lebih memperhatikan masalah lingkungan hidup.

“Ya apalagi tujuan program ini kan bagus, dan untuk mendukung program penanaman satu miliar pohon yang dilakukan pemerintah pusat,” kata Iwan.

"Kita akan berikan pohon secara gratis, yang harus ditanam di halaman rumah mereka," tambah Mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di Kabupaten Langkat.

Dia menyebutkan setiap bulan sekitar 1.000 pasangan mendaftarkan pernikahan di KUA Medan, sehingga diperkirakan ada 2.000 pohon yang dapat ditanam di Ibukota Sumatera Utara itu.

Iwan mengatakan kantor wilayah kementrian agama Medan telah bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Pertanian Kota Medan, untuk penyediaan bibit pohon yang akan diberikan kepada calon pengantin.

Menurut rencana, kesepakatan dua lembaga ini akan ditandatangani pada pertengahan Maret mendatang.

Iwan menyebutkan upaya serupa juga dilakukan Kantor wilayah Kementrian Agama di Kabupaten Langkat, sejak Maret 2011 lalu.

Selain wilayah Sumatera Utara, sejumlah daerah juga menerapkan kebijakan serupa, antara lain desa dan kelurahan di Kabupaten GowaMakassar, Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. [bbc]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU