Cisarua, Seruu.Com - Mabes Polri menduga ada empat faktor utama penyebab kecelakaan maut bus Karunia Bhakti di kawasan Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/2). Faktor terbesar, kerusakan pada sistem rem.

Menurut AKP Edwin dari tim Traffic Accident Analyst mengungkapkan, ada bekas roda kendaaran mengerem di lokasi. Hasil kesimpulan juga didasari kerusakan kendaraan dan toko di lokasi, yang nantinya bisa digunakan untuk antisipasi kecelakaan serupa di kemudian hari.

Menurut AKP Edwin, sebenarnya ada empat faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pertama adalah jalan yang menurun dan miring 5 derajat sehingga memerlukan konsentrasi dalam berkendaraan. Kedua adalah kendaraan yang tidak dalam kondisi bagus, ketiga adalah pengemudi yang kemungkinan lalai dan tidak melakukan tata cara mengemudi yang bagus, dan keempat adalah lingkungan di lokasi kecelakaan yang ramai sehingga korban tewas cukup banyak.

Polisi sementara menyimpulkan pengemudi yang tidak menerapkan tata cara mengemudi yang baik menjadi penyebab kecelakaan tersebut. Hal itu bisa disimuliasikan dari kondisi bekas ban mengerap yang tidak optimal, padahal saat kondisi jalan menurun akan sangat terkendala melakukan pengereman. Selain faktor teknis tersebut, ada juga faktor cuaca. Saat kejadian, kawasan sedang turun hujan lebat sehingga jalan menjadi licin. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU