Jakarta, Seruu.com - Motor pemadam kebakaran yang belakangan ini di gemborkan oleh Pemprov DKI Jakarta ternyata mendapat sorotan dari masyarakat. Berdasarkan surat pembaca dan komentar di artikel seruu.com yang berjudul Pemprov DKI Sebar 110 Motor Pemadam Kebakaran kami mendapat informasi bahwa ada pedagang di Tokobagus.com sebuah pasar jualbeli online yang menawarkan harga sepuluh kali lipat lebih murah dari motor yang dipakai Pemprov DKI yang menghabiskan dana 260 juta rupiah per unitnya.


Toko yang membawa nama KIngtama Indonesia tersebut menyatakan untuk spek pemadam kebakaran dengan motor merk Viar, tangki air 20 liter dan selang maka mereka hanya mematok harga 24.900.000 diluar mesin semprot dan nozel.


Saat dihubungi seruu.com, penjual yang mengaku beralamat di Surabaya tersebut menyatakan untuk spek 150 cc lengkap dengan mesin dan nozel atau dengan kata lain sudah siap pakai maka mereka hanya mematok harga di kisaran 40-60 jutaan tergantung type mesin semprot dan hisapnya.


"Jadi tergantung mesinnya mas mau pake merk apa, untuk yang biasa saja itu harganya 40 jutaan, kalo yang bagus mesinnya kita buka harga 62 juta, itu sudah lengkap sama stnk dan bpkbnya pokoknya sudah siap jalan," tutur Mei, penjual yang kami hubungi dari Jakarta, Kamis (30/8/2012).


Mei juga menuturkan diluar spek 150cc mereka juga menawarkan motor damkar dengan spek 200 cc dan bodi yang sedikit lebih panjang. "Harga dasarnya 30 jutaan, panjangnya itu sampai 3,6 meter mas," tutur Mei lagi.


Saat kami tanya mengenai spek yang digunakan oleh Pemprov DKI yaitu mesin semprot dan hisap merk Tohatsu, maka Mei mengaku akan mengkonfirmasi ulang ke distributor mesinnya terlebih dahulu. Namun ia juga mempersilahkan untuk melihat langsung di tokonya yang beralamat di jalan Ngagel No.14 Surabaya. Saat berita ini dinaikkan reporter kami di Surabaya tengah menuju lokasi untuk janji bertemu dan melihat kondisi motor Damkar yang ditawarkan.


Seperti diberitakan sebelumnya Pemprov DKI meluncurkan 100 motor Damkar dengan harga per unit 260 juta rupiah. Menurut Kepala Dinas Damkar PB DKI Jakarta, Paimin Napitupulu kepada wartawan, Selasa (24/4) pengadaan fire motor ini telah dilakukan pada tahun 2011 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 31 miliar. Namun dalam pelaksanaannya, dana yang terpakai hanya Rp 23 miliar. Dengan rincian per unitnya mencapai harga Rp 260 juta.


"Pengadaan fire motor ini telah dilakukan pada tahun anggaran 2011 dengan alokasi APBD sebesar Rp31 miliar," tuturnya.


Dikatakannya, motor pemadam api ini bukan motor biasa. Dalam satu unitnya terdiri 20 jenis alat pendukung pemadam api. Antara lain yakni pompa portable merek Tohatsu, motor roda tiga merek Viar, tangki air/foam 20 liter, satu selang tergulung 2,5 inchi X 20 meter.


Kemudian, satu buah hose reel 20 meter, dua buah selang penghisap 3,5 inci X 3 meter dengan tekanan kerja 10 bar, satu buah nozzle atau pipa pemancar 2,5 inch type jet/spray, satu buah foam induktor, satu buah saringan hisap kuningan.


Selain itu dilengkapi dua kapak personil, satu fire helmet, satu stel fireman suit, yang terdiri dari jaket, celana, sarung tangan, dan boot, serta satu megaphone (toa). [musashi]
 

 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU