Ilustrasi (Istimewa)

Bekasi, Seruu.com - Sekitar 500 rumah warga di Perumahan Pondok Mitra Lestari Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir dari meluapnya Kali Bekasi, Jumat.

"Air mulai muncul sekitar pukul 6.00 WIB. Saat itu, air baru sebatas genangan di jalan depan rumah, tapi selang beberapa jam kemudian semakin deras dan masuk rumah," ujar Pengurus RW13 Pondok Mitra Lestari, Oman Rachman, di Bekasi.

Menurut dia air terus tinggi dan mencapai puncaknya sekitar pukul 10.00 WIB, bahkan air di jalan perumahan sudah setinggi dada orang dewasa," katanya.

Air berwarna cokelat keruh yang membanjiri perumahan di Kecamatan Jatiasih itu berasal dari meluapnya dari Kali Bekasi yang merupakan pertemuan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi asal Bogor.

Tak hanya rumah-rumah warga yang terendam, air pun mencapai gerbang perumahan yang berbatasan langsung dengan jalan raya Pekayon-Pondok Gede.

"Permukaan kali sudah sejajar dengan pagar pembatas tanggul, seperti tak sanggup menampung air lagi," katanya.

Ketinggian air yang terus naik itu membuat mayoritas warga mengungsi ke sejumlah lokasi yang lebih tinggi dari permukaan air.

Evakuasi dilakukan dengan perahu karet dan rakit buatan berbahan pelepah pisang.

Menurut dia, banjir kali ini merupakan banjir parah yang mengingatkannya pada kejadian tahun 2007 lalu.

Namun ia tak menyangka ketinggian air akan separah ini, mengingat penguatan tanggul Kali Bekasi yang melintasi perumahannya telah dilakukan tahun ini.

"Kabarnya tanggul di perumahan sebelah yang jebol hingga kami terkena imbasnya. Saya hanya minta itu diperbaiki dulu supaya jika air kembali meluap, tak lagi separah ini," katanya.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar