Ilustrasi (istimewa)

Bandarlampung, Seruu.com - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya, Taufik Hidayat, menciptakan "Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Jarak sebagai Alat Pemandu Parkir pada Mobil", untuk dapat digunakan oleh semua kendaraan.

Menurut Taufik, di Bandarlampung, Jumat, jika ceroboh dalam memarkirkan kendaraan, maka bumper mobil akan mengalami lecet.

 Guna mengurangi kejadian tersebut, kata dia, sangat disarankan agar kendaraan telah terpasang sensor parkir dengan indikator-indikatornya yang dapat berupa display tampilan dan bunyi.

 Taufik membuat "Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Jarak sebagai Alat Pemandu Parkir pada Mobil" dengan sistem mikrokontroler sebagai pengendali sistem utamanya.

 Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer IBI Darmajaya ini menjelaskan, kemudian sebagai pendeteksi jarak, menggunakan modul sensor ultrasonic PING buatan PARALLAX yang terdiri dari TX (transmitter) dan RX (receiver).

 Sebagai output, digunakan sebuah LCD (Liquid Cristal Display) untuk menampilkan jarak, led dan sebuah buzzer untuk indikator bunyi.

 Hasil yang didapat dari pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak sebagai alat pemandu parkir pada mobil, alat tersebut dapat digunakan untuk mengukur jarak parkir mobil.

 Jarak yang terukur ditampilkan ke LCD dalam satuan sentimeter beserta statusnya seperti apa bila jarak yang terukur adalah lebih besar dari 30 sentimeter.

 Pada LCD, dengan kondisi itu, akan tertampil status "KONDISI : AMAN" dan led tidak menyala serta buzeer tidak bunyi sebagai tanda masih dalam jarak aman.

 Taufik memaparkan, jika jarak yang terukur 29 sentimeter sampai 20 sentimeter, maka di LCD akan tertampil status "KONDISI: AWAS" led kuning akan menyala dan buzzer bunyi namun delay bunyi buzzer lebih lambat, dan jika jarak yang terukur adalah 19 sentimeter sampai 0 sentimeter maka akan tertampil status "KONDISI : BAHAYA" led merah menyala dan disertai bunyi buzzer dengan delay bunyi lebih cepat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IBI Darmajaya, Envermy Vem MSc, didampingi Kepala Jurusan Sistem Komputer Yuni Arkhiansyah SKom MKom menegaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi masyarakat.

 "Kami sangat bangga sejumlah mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang dapat memberikan sumbangsih, tidak hanya bagi kampusnya namun juga bagi lingkungan sekitarnya," ujarnya.

 Menurut Envermy, sebagai bentuk komitmen IBI Darmajaya menciptakan lulusan yang berkompeten di bidangnya dan berwawasan technopreneurship, Kampus Biru ini terus memotivasi mahasiswanya untuk menghasilkan karya ilmiah yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat.[ant]

Peraturan Komentar