Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Anggota Subdit Resmob Polda Metro Jaya membekuk seorang wanita yang menipu puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kepala Subdit Resmob Polda Metro Jaya, AKBP Eko Hadi Santoso mengatakan, tersangkanya seorang wanita bernama Merry Morina (49).

"Tersangka MM menjanjikan para korbannya untuk berangkat ke Korea dan bekerja sebagai tukang las di sebuah perusahaan kapal laut," kata Eko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/11/2015).

Eko mengatakan, untuk mengelabui para TKI tersangka membuat perusahaan fiktif, dan mengaku sebagai konsultan dan direktur PT Duta Utama Arthayasa, bisa memberangkatkan calon TKI ke Korea Selatan melalui jalur belakang bahkan resmi sekalipun.

"Tersangka membuat perusahaan fiktif, bahkan hingga menyediakan tempat untuk kursus las. Jadi persiapan mereka cukup bagus," imbuhnya.

Eko mengaku, korban yang melapor akibat kasus ini masih minim sekali padahal sebenarnya jumlah korbannya banyak. Namun, sebagian besar dari mereka enggan melaporkan masalah ini ke pihak yang berwajib.

"Pelapor baru berjumlah delapan orang, padahal banyak. Semoga dengan bantuan media banyak korban yang melapor agar kita bisa lakukan pengembangan," ujarnya.

Atas tindakannya, MM dikenakan Pasal 378 KUHPidana Tentang Penipuan atau Pasal 372 KUHPidana tentang Penggelapan atau Pasal 263 KUHPidana tentang Pemalsuan Dokumen dengan ancaman maksimal hukuman enam tahun penjara. [tm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU