Gambar: Tradisi Unik Suku Dani "Ritual potong Jari", Papua

Seruu.Com - Salah satu provinsi di Indonesia Timur ini, Papua sangat terkenal dengan berbagai keunikan tradisi dan budaya. Salah satu suku di Papua ini, Suku Dani, memiliki tradisi yang sangat unik sebagai rasa duka yang sangat mendalam, yaitu dengan memotong salah satu jarinya.

 

Suku Dani, yang berada di lembah Baliem, Papua ini memiliki sebuah tradisi yang harus dilakukan.

Tradisi Potong Jari yang dilakukan Suku Dani, merupakan cara menunjukkan rasa berduka cita, bila ditinggalkan anggota keluarga yang meninggal dunia. Sebagai ungkapan rasa sedih dan duka cita diwujudkan dengan memotong jari, bila terdapat anggota keluarga seperti suami/istri, ayah, ibu, anak dan adik.

Menurut mereka, tradisi yang wajib dilakukan ini adalah sebagai simbol dari kesedihan yang teramat dalam seseorang yang kehilangan anggota keluarganya, selain itu potong jari diartikan pula untuk mencegah kembali malapetaka yang menyebabkan kematian dalam keluarga tersebut.

Tradisi potong jari ini dilakukan dengan berbagai banyak cara, mulai dari menggunakan benda tajam seperti pisau, kapak, atau parang.

Dan yang paling unik, ada cara lain yang digunakan, yaitu dengan menggigit ruas jarinya hingga putus, mengikatnya dengan seutas tali sehingga aliran darahnya terhenti dan ruas jari menjadi mati kemudian baru dilakukan pemotongan jari. rt.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU